Kalah Lawan Meksiko, Pelatih Timnas Belanda Berikan Alasannya

Kalah Lawan Meksiko, Pelatih Timnas Belanda Berikan Alasannya

DBasia.news – Frank de Boer gagal menorehkan rekor apik saat laga debutnya sebagai pelatih baru timnas Belanda. Oranje kalah 0-1 dari Meksiko dalam laga persahabatan yang digelar di Amsterdam Arena, Kamis (8/10) dini hari WIB.

De Boer dipercaya melatih timnas Belanda menggantikan Ronald Koeman yang berangkat ke Barcelona pada pertengahan September. Namun, keputusan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menunjuk De Boer sebagai pengganti Koeman menuai kritik. Pasalnya, pelatih berusia 50 tahun itu memiliki catatan buruk dalam kariernya melatih klub. Usai penampilan bagus bersama Ajax, De Boer sangat terpukul saat melatih Inter Milan dan Crystal Palace. Dia meninggalkan Inter dalam waktu kurang dari tiga bulan dan dipecat oleh Palace setelah tujuh pertandingan.

Namun De Boer tak ingin khawatir dengan kegagalannya meraih kemenangan di laga debutnya sebagai pelatih. Dia membela diri dengan mengatakan ini hanya pertandingan persahabatan dan dia tidak memainkan pemain Belanda terbaik. Dalam pertandingan ini, Oranje tidak memiliki Frenkie de Jong dan Daley Blind. De Boer memainkan Owen Wijndal dan Teun Koopmeiners sebagai debutan di tim nasional Belanda.

"Hasilnya mungkin tidak terlalu menyenangkan, tapi ini hanya pertandingan latihan. Kami tidak memainkan pemain terbaik kami. Saya pikir itu alasan yang cukup. Kami tahu bahwa De Jong adalah pemain penting dalam tim ini, tapi kami tidak bisa melupakan bahwa Koopmeiners juga tampil cukup baik di lini tengah, ”kata De Boer usai pertandingan kepada NOS, dikutip dari Goal, Kamis (8/10).

Mantan pelatih Atlanta United itu juga punya alasan kuat untuk tidak memainkan skuad terbaik Belanda di laga ini. De Boer ingin mengistirahatkan De Jong dan Blind untuk menghadapi Bosnia-Herzegovina pada pertandingan UEFA Nations League akhir pekan ini. Belanda kemudian akan menghadapi Italia pada pertengahan pekan depan.

Baca:  Thomas Tuchel di Ujung Tanduk, PSG Bidik Eks Pelatih Juventus

“Tentu, kami selalu ingin menang. Namun, dalam laga ini, saya harus membuat pilihan dan itu pilihan yang cukup logis. Kami tidak memainkan sejumlah pemain, karena kami masih memiliki dua laga untuk dimainkan. Selain itu, saya bukan satu-satunya pelatih timnas yang kalah dalam pertandingan debutnya, ”pungkas de Boer.

Pasca Kalah melawan Meksiko, Pelatih Timnas Belanda memberikan alasan tampil lebih dulu di DBAsia News.